Senin, 24 Mei 2010

SMKN 26 Kebanjiran Order Rakit Laptop

Rakit Laptop, SMKN 26 Kebanjiran Pesanan  
Hery Winarno - detikNews

Jakarta - Kreatifitas selalu berbuah manis. Para siswa SMKN 26 Jakarta, yang rajin merakit laptop, kini kebanjiran pesanan. Laptop mereka yang diberi nama AdvanSMK ini, laku keras.

Para siswa SMKN 26 Jakarta berhasil merakit laptop dengan cara membeli komponen dari produsen laptop Advand. Dari awalnya coba-coba, kini para siswa itu sudah mengerjakan lebih dari 100 laptop.

"Awalnya kita hanya merakit 135 unit laptop 10 inchi, tapi ternyata pesananannya banyak. Sekarang tinggal 20 unit lagi," ujar Kepala Program Teknik Jaringan Komputer SMK N 26 Jakarta Dede Yudiati saat berbincang dengan detikcom, Senin (24/5/2010).

Laptop rakitan tersebut dibandrol seharga Rp 3 juta per unit. Namun saat ini, laptop yang dilengkapi dengan wifi dan bluetooth tersebut baru dijual di lingkungan pendidikan saja.

"Baru siswa, guru dan dinas pendidikan yang bisa beli karena jumlahnya juga masih terbatas, kita belum berencana menjual di luar lingkungan pendidikan," terang Dede.

Dede berharap program merakit laptop dapat membuat siswa lulusan SMKN 26 lebih siap untuk berwirausaha setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun di sekolah yang terletak di Jl Balai Pustaka Baru I, Rawamangun, Jakarta Timur tersebut.

"Di tingkat empat, kita ada magang selama setahun. Kita berharap jiwa wirausaha anak-anak tumbuh dengan bakat dan kreatifitas yang dibekali kepada mereka," tambah bendahara program perakitan laptop ini.

Adapun spesifikasi laptop rakitan siswa SMKN 26 tersebut adalah sebagai berikut, monitor 10 inchi, memori 1 gb, procesor 1,6 ghz, HD berkisar 160 hingga 250 gb dan dilengkapi bluetooth dan wifi. Saat ini, para siswa kelas dua SMKN 26 juga tengah merakit laptop 12 inchi, 14 inchi dan komputer desktop.

"Mungkin kita akan menjualnya secara bebas, tapi tidak dilempar ke pasar, tapi pembeli yang kesini," ujarnya.

(her/fay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar